Sabtu, 08 April 2017

Cara Islami Menghadapi Kesulitan

Cara Islami Menghadapi Kesulitan
Cara Islami Menghadapi Kesulitan

Amalkan.com
- Setiap manusia yang hidup dimuka bumi ini pasti pernah mengalami yang namanya kesulitan, baik itu lahir maupun batin, dan kesulitan-kesulitan yang hadir dalam kehidupan manusia bisa jadi sebuah ujian atau juga teguran.

Sebagai orang yang beriman sekalipun tak akan pernah luput dari yang namanya kesulitan, karena Allah SWT berfirman: "Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "kami telah beriman" sedang mereka tidak diuji lagi?" (QS. Al-Ankabut: 2).

Oleh karenanya, jangan heran ketika kita melihat ada orang yang rajin beribadah tetapi tertimpa musibah, kesulitan malah yang hadir dalam kehidupannya, namun percayalah, jika orang yang beriman dan rajin beribadah dan tertimpa musibah hingga mengalami kesulitan dalam hidupnya, itu adalah ujian untuk menaikan derajatnya disisi Allah SWT.

Bukankah anak sekolah jika ingin naik kelas pun ada ujiannya? Demikian juga kita dalam menjalani kehidupan ini pasti akan mengalami ujian juga.

Namun harus dicermati, bahwa ujian dalam hidup ini tidak selamanya berbentuk kesulitan atau kesusahan, kesenangan, kekayaan, pangkat dan jabatan adalah juga ujian dari Allah SWT.

Allah SWT berfirman: “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami lah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Anbiya: 35).

Kebanyakan manusia akan merasa dirinya diuji jika mendapat kesulitan, kesusahan, kesedihan dan penderitaan. Justru tidak merasa diuji ketika mendapat kesenangan, kebahgiaan dan kebahagiaan.

Al hasil, banyak orang yang lulus ketika diuji dengan kemiskinan dan penderitaan, dan banyak orang yang gagal berantakan ketika diuji dengan kekayaan dan kebahagiaan.

Yang akan kita bahas ini adalah ketika datangnya ujian berupa kesulitan, kesusahan dan penderitaan dalam kehidupan, hal ini penting untuk dibahas karena banyak juga yang kadang frustasi, depresi dan bahkan putus asa ketika diuji dengan kesulitan, kesusahan dan penderitaan ini.

Sejenak mari kita renungi firman Allah SWT dalam surah Al-Baqarah ayat 155: "Dan sungguh akan Kami berikan ujian kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar."

Setiap orang yang beriman pasti akan mengalami ujian dalam kehidupan ini, dan sebagai orang beriman sudah sepatutnya kita menghadapi ujian dari Allah SWT dengan keimanan pula.
Berikut ini beberapa langkah ketika kita menghadapi ujian dalam kehidupan: