Minggu, 08 Mei 2016

Amalkan Amalan Ini Agar Lepas Dari Kesulitan


Amalkan.com
- Setiap manusia yang hidup didunia pasti pernah mengalami yang namanya "Kesulitan" dalam menjalani kehidupan didunia ini. Tak jarang kesulitan-kesulitan itu membuat orang frustasi, stress dan lain sebagainya.

Sebagai umat islam, kita telah diberikan berbagai petunjuk dalam mengatasi kesulitan-kesulitan ini, namun sayangnya justru banyak orang yang malas untuk melaksanakannya, malah cenderung lebih memilih cara-cara yang hanya mengandalkan logika tanpa dibarengi dengan do'a.

Sebenarnya wajar-wajar saja jika mengikuti logika dalam mengatasi kesulitan-kesulitan yang kita alami, namun menjadi tidak wajar jika sampai meninggalkan yang namanya beribadah kepada Allah SWT. karena hanya Dia lah yang mampu untuk memberikan jalan keluar dari setiap kesulitan yang kita alami.

Oleh karena itu, banyak orang yang justru bertambah kesulitannya ketika ikhtiar yang dilakukannya itu malah membuatnya jauh dari Allah SWT. Badan dan pikirannya lelah dan capek karena kesulitannya belum juga teratasi, dan akhirnya ia menjadi stress dan frustasi.

Sebenarnya apa yang menyebabkan datangnya kesulitan-kesulitan dalam hidup ini?

Jawabannya adalah Dosa, ya, dosa-dosa yang pernah kita lakukan itulah yang menjadi penyebab datangnya kesulitan dalam hidup ini, dosa-dosa yang kita lakukan ibarat sampah yang menutupi jalan-jalan kebahagiaan yang seharusnya bisa kita miliki.

Oleh karena itu, ketika kesulitan datang cobalah luangkan waktu sejenak untuk merenung dan mengingat-ingat dosa apa yang pernah dilakukan, karena yang namanya manusia sudah pasti pernah melakukan dosa, hal ini tidak lepas dari fitrah kita sebagai manusia yaitu tempatnya salah dan lupa.

Baca Juga:
Inilah Diantara Khasiat Dan Faedah Basmallah
Inilah 7 Amalan Untuk Membuka Pintu-Pintu Rezeky
Amalkan Surah Al-Insyirah, Inilah Khasiat Dan Manfaatnya

Dan ketika sudah kita ingat tentang dosa-dosa yang kita lakukan maka selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Taubat.

Taubat adalah perintah Allah SWT. hal ini dapat kita temui didalam Al-Quran: “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mu'min yang bersama dia, sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: "Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami, Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu." (QS. At-Tahrim : 8).

Sesalilah segala dosa-dosa yang pernah dilakukan, dan berjanjilah untuk tidak mengulangi perbuatan dosa tersebut kelak dikemudian hari, kemudian ikuti dengan memperbanyak amal-amal sholeh untuk menutupi dosa-dosa yang pernah dilakukan.

Lakukan juga sholat sunat taubat sebagai bukti keseriusan kita dalam bertaubat, lakukan sholat sunat taubat ini terutama pada malam hari, setelah selesai perbanyaklah membaca istighfar, dan bayangkan segala dosa-dosa yang telah dilakukan, sesali dan berjanjilah untuk tidak mengulanginya lagi, lebih bagus jika airmata mengalir, airmata yang mengalir karena menangisi dosa-dosa akan sangat disukai oleh Allah SWT.

2. Perbanyak Istighfar.

Coba kita perhatikan firman Allah SWT berikut ini: “Maka aku katakan kepada mereka: Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12).

Dan juga sabda Nabi Muhammad SAW berikut ini: “Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (HR. Ahmad).

Dari firman Allah SWT dan sabda Nabi Muhammad SAW tersebut dapat kita simpulkan bahwa memperbanyak Istighfar akan menjadi wasilah atau jalan keluar dari setiap kesulitan yang kita alami.

Demikianlah artikel Amalkan Amalan Ini Agar Lepas Dari Kesulitan, semoga bisa menjadi pencerahan dari kesulitan-kesulitan yang kita hadapi, akan lebih baik jika artikel ini dibagikan agar bermanfaat juga bagi yang lain. Aamiin.


EmoticonEmoticon