Kamis, 25 Mei 2017

Keutamaan-Keutamaan Puasa Dibulan Suci Ramadhan

Keutamaan-Keutamaan Puasa Dibulan Suci Ramadhan

Amalkan.com
- Dalam bulan suci ramadhan, semua umat islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh, kecuali jika ada halangan yang syar'i.

Bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat dan ampunan dari Allah SWT. maka sudah sepatutnya umat islam berlomba-lomba untuk meraihnya, agar menjadi bekal bagi kehidupan yang kekal kelak dialam akhirat.

Keutamaan-keutamaan puasa dibulan suci ramadhan:

Rasulullah SAW bersabda: "Jika bulan ramadhan telah datang (masuk), maka dibukalah pintu-pintu (rahmat Allah dari langit, pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu." (HR. Bukhari-Muslim).
Hadits ini menunjukan betapa banyaknya kebaikan dan ampunan yang akan diberikan  dari Allah SWT dibulan suci ramadhan.

Sebagai manusia biasa kita sudah sepatutnya untuk senantiasa dan terus mengharapkan rahmat dan ampunan dari Allah SWT.

Kita yang setiap hari bergelimang dosa, yang jika terus dibiarkan tentu akan semakin menumpuk yang akhinya akan membawa kesengsaraan didunia dan akhirat. Dan dengan puasa maka dosa-dosa kita yang telah lalu akan diampuni oleh Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang mendirikan puasa ramadhan dengan penuh keimanan dan kebaikan, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari-Muslim).

SubhanAllah, betapa Allah Maha Pengasih dan Penyayang serta Maha Pengampun, selalu memberikan kesempatan kepada hamba-hamba-Nya untuk dapat kembali kepada-Nya dengan cara-cara-Nya yang terkadang jarang disadari oleh kebanyakan manusia, maka puasa ini adalah salah satu cara yang diberikan Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya agar mendapatkan kasih sayang serta ampunan-Nya.
Orang-orang yang berpuasa akan diberi dua kegembiraan.

Rasulullah SAW bersabda: "Bagi orang-orang yang berpuasa itu ada dua kegembiraan yang ia terima: 1. Jika berbuka (berhari raya) ia gembira. Dan jika ia menjumpai Tuhannya ia gembira dengan puasanya." (HR. Bukhari).

Demikianlah diantara keutamaan-keutamaan puasa dibulan suci ramadhan, yang tentunya masih banyak lagi keutamaan-keutamaan lainnya, semoga bermanfaat, Aamiin.

(Artikel Islamil/Amalkan.com)