Jumat, 17 Februari 2017

Ujian dan Cobaan Dari Allah Dan Ciri Orang Yang Sabar

Amalkan.com - Dalam menjalani kehidupan didunia ini manusia tidak akan pernah lepas dari yang namanya ujian dan cobaan, karena hal itu merupakan bagian dari perjalanan hidup manusia.

Ujian dan Cobaan Dari Allah Dan Ciri Orang Yang Sabar

Semua orang pasti pernah mengalami ujian dan cobaan, dan cara dalam menghadapinya pun berbeda-beda, ada yang dihadaoi dengan sabar dan ikhlas, ada juga yang justru malah berputus asa, dalam hal ini, tergantung dengan kekuatan iman masing-masing, karena jika dia mempunyai iman yang kuat pasti akan dapat melalui setiap ujian dan cobaan, namun jika iman nya lemah, maka bisa dipastikan ia justru akan putus asa dalam menerima ujian dan cobaan dari Allah SWT.

Diantara bentuk ujian dan cobaan dari Allah adalah sebagaimana yang di jelaskan didalam Al-Quran:

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: ”Inna Lillahi Wa Innaa ilaihi Raaji’uun.” Mereka itulah yang mendapatkan keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Rabbnya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS. Al-Baqarah:155-157).

Orang-orang yang beriman ketika menghadapi ujian dan cobaan yaitu dengan berkata: Inna Lillahi Wa Innaa ilaihi Raajiu'un.

"Sesungguhnya kami berasal dari Allah, dan akan kembali juga kepada Allah."

Setelah bertawakal kepada Allah kemudian diikuti dengan ikhtiar lahir agar bisa lepas dari ujian dab cobaan tersebut.

Setiap manusia pasti akan mengalami ujian dan cobaan, oleh karenanya, mohon lah selalu agar selalu diberikan kekuatan ketika menghadapinya.

Semoga kita termasuk kedalam golongan orang-orang yang selalu bersabar atas ujian dan cobaan dari Allah SWT, Aamiin.

(Renungan/Amalkan.com)