Minggu, 24 Juli 2016

Berharaplah-Hanya-Kepada-Allah

Amalkan.com - Mencintai seseorang tak selamanya berbalas dengan kebahagiaan, tak jarang justru malah berakhir dengan kekecewaan, apalagi ketika ternyata cinta itu harus bertepuk sebelah tangan, hanya menyisakan rasa perih serta kesedihan yang mendalam.

Namun jika kita mau berpikir dan mencari penyebab kekecewaan itu terjadi, bisa jadi karena kita terlalu menggantungkan cinta dan harapan itu kepada orang yang kita cintai, dengan tidak terlalu melibatkan sang pemilik cinta yaitu Allah Rabbul Izzati.

Maka ketika engkau sangat mencintai dan sangat mengharapkan seseorang, tidak jarang engkau malah kecewa atau menderita karena pengharapanmu.

Namun dibalik itu, maka hakekatnya itulah wujud rasa sayang Allah padamu karena Rahmat Allah tidak selalu berwujud kemudahan akan harapanmu, tapi juga berwujud dengan memutuskan atau mengecewakan harapanmu.

Berharaplah-Hanya-Kepada-Allah

[Baca Juga: Janganlah Berputus Asa Dari Rahmat Allah]

"Ketika hatimu terlalu berharap pada seseorang, maka Allah timpakan ke atas kamu pedihnya pengharapan supaya mengetahui bahwa Allah sangat mencemburui orang yang berharap pada selain-Nya, Allah menghalangi dari perkara tersebut semata agar ia kembali berharap kepada Allah SWT." (Imam Syafi'i).

Agar kekecewaan tidak sering terjadi dalam kehidupan kita, hindarilah menggantungkan harapan kepada makhluk, karena makhluk tidak ada daya serta kekuatan kecuali atas izin Allah, jika kita mencintai seseorang, serahkan sepenuh hatimu hanya kepada-Nya, agar hatimu tenang dan apapun yang terjadi tidak akan menyisakan kekecewaan.

Allah SWT berfirman: "Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap." (QS. Al-Insyirah: 8).

Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya, semoga bermanfaat, dan silahkan di share kepada teman-temanmu, semoga menjadi tambahan amal kebaikan bagi kita semua, Aamiin.