Sabtu, 05 Maret 2016

Gerhana Terjadi, Amalkan Amalan Dan Dzikir Ini

Gerhana Terjadi, Amalkan Amalan Dan Dzikir Ini

Gerhana Terjadi, Amalkan Amalan Dan Dzikir Ini (Amalkan.com)
- Pada saat melihat gerhana matahari ataupun bulan, maka disunahkan bagi kita sebagai seorang muslim yang taat agar bertakbir, membaca dzikir atau berdoa, dan mengucapkan "Astaghfirullah" Selain itu, agar mengerjakan solat gerhana sejak mulai gerhana hingga matahari atau bulan terlihat kembali.

Dalam sebuah buku fikih sunnah jilid 2 halaman 103 dari hadits ke 145 yang diriwayatkan oleh Bukhari-Muslim, dari Aisyah r.a. menceritakan bahwa:

"Pada waktu Nabi Muhammad SAW. masih hidup, maka terjadilah gerhana matahari. Beliau keluar menuju masjid, berdiri, membaca takbir, dan banyak orang bershaf dibelakang beliau menjadi makmum. Beliau membaca ayat yang panjang. Kemudian takbir lagi dan beliau lama ruku, tetapi lamanya kurang dari ruku pertama tadi. Kemudian beliau mengangkat kepala sambil membaca "Sami'allaahu liman hamidah" dan membaca "Rabbana lakal hamd." Kemudian beliau berdiri lagi. Beliau membaca ayat dengan panjang, tetapi tidak sepanjang ayat yang pertama. Beliau takbir lagi dan ruku, tetapi tidak selama ruku pertama. Kemudian beliau bangkit membaca "Sami'allaahu liman hamd" dan membaca "Rabbana lakal hamd." Kemudian beliau sujud. Begitu pula beliau kerjakan pada rakaat keduanya, sehingga semuanya empat ruku, empat sujud. Matahari terang sebelum berpisah. Beliau berdiri dan berkhutbah kepada orang banyak. Beliau memuji Allah SWT. sesuai dengan keahlian beliau. Kemudian beliau bersabda: "Sesungguhnya matahari dan bulan itu dua tanda dari kebesaran Allah SWT. keduanya tidak gerhana karena meninggal seseorang dan bukan pula karena dia lahir. Oleh karena itu, bila kamu melihatnya, maka segeralah melaksanakan solatnya."

Dzikir Ketika Melihat Gerhana Matahari Ataupun Bulan:

Hasbi Ash-Shiddieqy dalam bukunya "Pedoman Dzikir Dan Doa" menurut amalan Rasulullah SAW. membacakan dzikirnya termaktub didalam Al-Quraan:


Artinya: "Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Nama-nama Yang Paling Baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada dilangit dan dibumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (QS. Al-Hasyir: 24).

Maha Benar Allah, dengan segala firman-Nya, semoga bermanfaat, Aamiin.

(Lanjut Ke: Gerhana Matahari, Bulan Dan Sebab-Sebab Terjadinya)


EmoticonEmoticon