Minggu, 21 Februari 2016

Hindarilah Menyebarkan Kekurangan Orang Lain

Hindarilah Menyebarkan Kekurangan Orang Lain


Hindarilah Menyebarkan Kekurangan Orang Lain (Amalkan.com) - Pada dasarnya di dunia ini manusia tidak ada yang sempurna,dan selalu saja ada kekurangan. Oleh karena itu maka sangat tidak manfaat bila masih ada manusia yang gemar menyebarkan kekurangan orang lain.

Sebagai seorang Muslim yang mempunyai nilai-nilai akhlaq mulia, tentunya senantiasa menata ucapannya, memaknai setiap gerak langkahnya.

Dan ia tidak pernah melakukan sesuatu bila yakin akan ada nilai manfaat akibat perbuatannya itu.

Dengan demikian karena menyebarkan kekurangan orang lain,adalah perilaku yang harus dihindari karena merupakan akhlaq yang tidak terpuji.

Karena bukan saja di dunia menderita, di akhirat pun akan menjadi manusia-manusia yang bangkrut amalnya.

Sebagai Muslim langkah terbaik adalah, kendati mengetahui kekurangan pada orang lain. Tentunya mengingatkannya dan tidak ikut menyebarkannya.

Karena yakin dengan diam akan menuai pahala, dan menutupi kekurangan orang lain, akan mendapatkan keselamatan di dunia dan di akhirat kelak.

Dari Abu Hurairah r.a. Bahwa Rasulullah SAW. bersabda: ”Barangsiapa yang memudahkan urusan seseorang dalam kesulitan, maka Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan di akhirat."

Barangsiapa yang menutupi aib/cela (kekurangan orang lain). Niscaya Allah akan menutupi kesalahannya (kekurangannya) di dunia dan akhirat.” (HR.Muslim).

Rasulullah SAW. bersabda: ”Barangsiapa yang mengetahui kekurangan saudaranya, kemudian ia menutupinya, pada hari kiamat Allah akan menutupi dosanya.” (HR.At Thabrani).

Untuk itu marilah kita eratkan persaudaraan, saling menyayangi, saling mengingatkan dan saling mendoakan,saling menguatkan kesabaran,serta saling menuntun pada kebaikan.

(Lanjut Ke: Inilah Tanda-Tanda Pria Yang Setia)


EmoticonEmoticon